Gerakan Sosial yang Keren di Semarang

Diperbarui: 18 Des 2019

Sebagai generasi muda di Indonesia, pastinya harus sadar akan berbagai permasalahan dan isu sosial di Indonesia. Dari sanalah berkembang berbagai gerakan sosial yang diinisiasi oleh anak muda, tidak ketinggalan juga di Semarang. Berikut adalah beberapa gerakan sosial yang berdiri dan/atau berkembang di kota Semarang.


1. LindungiHutan



LindungiHutan didirikan pada tanggal 18 Desember 2016 oleh oleh Hario Laskito Ardi, Chashif Syadzali dan Miftachur Robani. LindungiHutan lahir karena para

nya merasa setiap orang memiliki peran yang harus dilakukan untuk sama-sama bermanfaat ke alam dan lingkungan. LindungiHutan ingin membuka akses untuk masyarakat kota agar dapat turut berkontribusi kepada masyarakat di sekitar hutan.


Kegiatan menanam mangrove oleh LindungiHutan

Kegiatan utama LindungiHutan adalah melakukan edukasi pentingnya hutan dan menjaga lingkungan, lalu membuka akses partisipasi publik dengan kampanye alam, donasi bibit, gabung aksi penanaman sampai monitoring perkembangan hasil penanaman. Saat ini LindungiHutan sudah menjalankan 300 campaign di 100 kota di seluruh Indonesia. Keren kan? Cek website mereka di lindungihutan.com untuk tahu lebih lanjut.


2. Lemari Bukubuku



Lemari Bukubuku adalah gerakan literasi yang lahir karena kondisi dan kualitas perpustakaan untuk sekolah tingkat dasar dan berbagai taman baca di daerah terpencil seringkali memprihatinkan. Melalui tagline-nya,

“Donate Your Books, Get One Drawing for Free”,

Lemari Bukubuku mencoba untuk menggerakkan masyarakat untuk peduli dengan literasi anak dengan cara yang unik. Lemari Bukubuku tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Semarang. Donasikan bukumu ke Lemari Bukubuku, tiap donasi akan ditukarkan dengan satu gambar gratis dari relawan gambar Lemari Bukubuku 😊

Untuk info lebih lanjut dari Lemari Bukubuku dapat dilihat di akun instagram mereka di link berikut.


Kegiatan donasi Lemari Bukubuku

Lemari Bukubuku juga akan membuka donasi di NATARA loh, jangan sampai kelewatan ya!




3. GREAT



GREAT adalah komunitas relawan yang berdiri pada tanggal 22 Agustus 2015. GREAT berawal dari inisiatif para pendiri yang merupakan alumni International Voluntary Service (IVS) di Indonesia dan di luar negeri yang sudah mendapatkan manfaat baik untuk masyarakat dan pengembangan diri mereka. Sementara pada saat itu masih sedikit orang yang tahu tentang IVS, sehingga dengan adanya GREAT diharap bisa menyebarkan semangat kerelawanan kegiatan IVS ini agar punya dampak yg lebih luas lagi.


Kegiatan GREAT bermacam-macam cakupannya, antara lain :

  1. Lingkungan

  2. Pendidikan

  3. Kesehatan

  4. Budaya

  5. Pertanian/perkebunan, dan lain-lain.

Penasaran dengan keseruan kegiatan mereka? Langsung cek aja di Instagram mereka disini ya!


Salah satu kegiatan GREAT

Oh iya, di serangkaian acara NATARA ini, GREAT akan hadir untuk mengadakan "English Class for Kids" untuk adik-adik kamu yang berumur 5 sampai 8 tahun. Jangan lewatkan keseruan ini ya!





4. Hompimpa Semarang



Kampoeng Hompimpa Semarang berdiri pada tanggal 22 Desember 2016, ibu komunitasnya berasal dari Tangerang. Kampoeng Hompimpa terbentuk karena rasa prihatin terhadap anak-anak yang kurang mengenali permainan tradisional. Kampoeng Hompimpa Semarang biasa mengadakan kegiatan di Car Free Day Simpang Lima Semarang tiap dua minggu sekali. Kampoeng Hompimpa juga pernah mengadakan Hompimpa ke Panti, Hompimpa ke Sekolah, dan Hompimpa ke Kampung. Penasaran dengan keseruan kegiatannya? Langsung aja cek profil Instagram mereka yaa!


Salah satu kegiatan bermain yang diadakan oleh Kampoeng Hompimpa

Nah itu dia beberapa gerakan sosial yang ada di Semarang. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar ya!

46 tampilan

Kontak

Jam Buka

Email       :  collabox.id@gmail.com

Telepon   :  024 3547858

Senin-Jumat  : 09.00-17.00

Sabtu             : 09.00-14.00

Jl. Indraprasta no. 74, Pendrikan Kidul,

Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, 

Jawa Tengah 50131

  • whatsappicon
  • instagramicon
  • facebookicon
  • linkedinicon

©2019 by Collabox.