Peringati Imlek, Komunitas EMPU Gelar Peragaan Busana Ramah Lingkungan

Diperbarui: 9 Feb

Kembali adakan peragaan busana, Komunitas Empu sambut Imlek di Klenteng Tay Kak Sie Semarang



Menyambut Imlek 2022, komunitas fesyen berkelanjutan EMPU bekerjasama dengan Collabox Creative Hub dan desainer Agustienna Siswanto selenggarakan peragaan busana ramah lingkungan. Peragaan kali ini diselenggarakan pada Minggu (30/01) di Klenteng Tay Kak Sie.


Pemilihan Tay Kak Sie selain untuk menyambut Imlek, juga untuk mengenalkan lagi tempat bersejarah di Kota Semarang.



Sejak Minggu pagi, belasan model dengan anggunnya melenggak lenggok di sekitaran klenteng dengan busana karya komunitas EMPU.


Ada busana Chiongsam dari bahan-bahan tradisional paduan tenun, lurik dan batik. Ada pula sarung pewarna alam, dan beragam aksesoris pelengkapnya.


"Peragaan busana tersebut menampilkan karya para perajin tekstil tradisional dan eco-fashion, serta pelengkap fashion dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Semarang, Ungaran, Yogyakarta, Temanggung, Banjarnegara, Nganjuk, Pulau Sabu dan Sumba Timur di Nusa Tenggara Timur", kata Leya Cattleya Soeratman, Koordinator Komunitas EMPU.

Ia menambahkan perlu adanya pemahaman bersama diantara masyarakat bahwa fesyen ramah lingkungan memiliki kontribusi pada upaya menjaga bumi dari perubahan iklim dan pemanasan global.


Mendukung cita-cita itu, komunitas EMPU terbilang cukup rajin menggelar pameran karya berbasis ramah lingkungan. Pernah di dalam kereta api, di atas jembatan penyemberangan, hingga di atas kapal.



Nah, yang penting pula untuk diketahui, ini anggota komunitas EMPU : Zie Batik Semarang, Rhabag Semarang, Mlati Wangi Semarang, Alamasa Semarang, Collabox Creative Hub Semarang, Sora Sihibori Semarang, Sabda Batik Banjarnegara, Hijrah Kreatif Yogyakarta, Lusi Tjan Temanggung, Yayuk Sri Rahayu atau Adikarya Agribisnis dari Nganjuk Jawa Timur, Alamasa Kelompok Tenun Maumere, Flores, Kelompok Tenun Rindi Sumba Timur, dan Kelompok Mira Kandi dari pulau Sabu, NTT.


Kamu bisa mendukung upaya baik ini dan sebarluaskan kepada kerabat. Jika kamu tertarik, ikuti informasi melalui Instagram Empu.




0 tampilan0 komentar