top of page

Sekilas Tentang User Interface dan UI Designer



Pernahkah kamu mendapati tampilan menarik dari suatu website atau aplikasi? Sampai menariknya kamu sangat terkesan dan ingin mengunjungi atau menggunakannya lagi dan lagi. Tampilan yang kamu lihat pada website atau aplikasi itu disebut User Interface. Nah, tulisan kali ini akan membahas terkait User Interface (UI) dan UI Designer. Yuk, simak penjelasannya!


Sesuai dengan istilahnya user interface sangat erat dengan definisi dari visual antarmuka atau tampilan suatu website, software aplikasi, dan bahkan device hardware. User interface memastikan bagaimana tampilan tersebut dapat menyajikan informasi yang ingin disampaikan dan pengguna dapat memahaminya. Selain itu user interface juga menggabungkan konsep desain visual, desain interaksi, dan infrastruktur informasi. Adapun tujuan adanya user interface adalah untuk meningkatkan kegunaan (usability) dan tentunya user experience atau sering dikenal dengan UX.


Pada tampilan website atau aplikasi, user interface-lah yang memperhatikan warna, background, pemilihan teks, tombol, gambar visual, dan informasinya. Tak hanya itu, layout dan penempatan komponen tersebut juga sangat diperhatikan, lho. Hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat menggunakan website atau aplikasi dengan mudah tanpa harus berfikir lebih lama. Itu sebabnya user interface juga bermanfaat untuk meningkatkan traffic pengunjung ataupun pengguna.




Lalu, siapa sih sosok dibalik adanya user interface? Siapa yang merancang semua tampilan pada website dan aplikasi yang kamu gunakan? Jawabanya adalah UI Designer. Ya, tampilan menarik yang pernah kamu dapati itu adalah hasil karya si UI Designer. Merekalah yang merancang dan membuat kebutuhan tampilan visual (visual asset). UI designer sebenarnya hampir sama dengan Graphic Designer. Namun, UI designer pada umumnya memiliki keahlian pemrograman untuk menerapkan hasil visual yang dibuat dalam aplikasi pada proses desain atau prototyping-nya.


Berkembang pesatnya teknologi informasi dan startup yang ada di Indonesia. Sekarang ini, posisi UI Designer sangat banyak dibutuhkan. Selain itu, prospek untuk posisi UI designer sangatlah tinggi. Apabila kamu tertarik dengan dunia user interface, kamu sangat punya kesempatan untuk berkembang dan menjadi UI designer. Untuk mulai belajar, kamu bisa mengikuti workshop yang bakal diadakan oleh Collabox terkait pembuatan user interface untuk website dan aplikasi. Menarik kan! Cek informasi dan daftarkan dirimu di melalui link bit.ly/kelasrumui atau instagram Collabox, @collabox.id :)


Source:

321 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page