Desainer Grafis Wajib Tahu, Ini 5 Tren Desain Tahun 2022

Diperbarui: 7 Feb

Gaya desain 90-an diprediksi akan menjadi tren tahun ini. Tidak hanya itu, ada beragam gaya baru dan kombinasi yang akan jadi tren. Simak ulasan berikut ini ya!



Selamat Tahun Baru, Sahabat Collabox! Kamu punya resolusi apa nih di tahun ini? Rajin olahraga, makin produktif, bikin startup, atau mulai belajar hal baru, desain grafis misalnya? Yang penting dimulai saja dulu ya kan!


Nah, bicara tentang desain grafis, tiap tahun selalu muncul tren desain. Ada yang adopsi tren lama, ada yang muncul inovasi baru.

Kalau kamu desainer grafis atau punya interest ke dunia kreatif itu, wajib banget untuk tahu tren desain yang akan booming ditahun ini!


#1 - Nostalgia Gaya 90-an


by Hiroshy / 99designs.com

Nostalgia 90's ini jadi tren yang umum sejak 3 tahun belakangan, lho! Tak ketinggalan, dunia desain grafis tahun ini diprediksi akan ramai dengan tren ala-ala 90's. Gaya 90's ini juga dikenal dengan gaya retro.


Ciri khas paling kentara dari style ini ada di penggunaan warna yang mencolok dan berani. Selain itu bentuk abstrak, tegas, dan penggunaan pattern yang jadi elemennya.

Bisa juga diterapkan dimacam-macam media, mulai dari poster, website, hingga desain kemasan produk.

#2 - 2D & 3D Mashup


Kalau tahun kemarin lagi boom-nya tren desain 3D, tahun ini diprediksi akan tetap berlanjut. Hanya saja mengalami perkembangan yang cukup menarik. Kepikiran gak kalau gaya 2D dan 3D disatukan dalam satu artwork?


Nah, tahun ini itu akan banyak muncul. Namanya tren 2D & 3D Mashup atau kombinasi. Nyatanya, style ini mampu menghasilkan karya yang elegan dan menarik. Penerapan desainnya tidak hanya terbatas di poster atau produk cetak lainnya, tapi hingga merambah ke desain aplikasi yang makin powerful.


#3 - Anti Design

by Yevhen Genome / 99designs.com

Nah, tren ketiga yang diprediksi boom adalah anti-design. Gaya ini terkesan melawan pakem-pakem yang sudah lazim di dunia desain grafis.


Gaya ini tentu memberikan kebebasan yang luas untuk para desainer, tanpa terikat teori-teori tertentu. Hasilnya pun makin menarik, dan memang beda dari yang lain.


Kalau kamu lihat desain dengan unsur yang tidak simetris, warna yang ditabrakan, dan elemen-elemen yang sengaja dibuat begitu ramai. Nah, itu namanya anti-design.


#4 - Escapism



Selanjutnya ada tren Escapism. Gaya ini muncul beriringan dengan situasi pandemi dunia yang belum mereda. Perpaduan aspek imajinasi dan nuansa natural alami.


Escapism memiliki style tampilan yang nyentrik baik dari segi warna, bentuk karakter, hingga tata letak.


#5 - Art-Deco



Satu lagi tren yang akan booming yakni Art Deco. Paling kunci dari desain ini adalah gaya ramping dan simetrisnya. Kesannya sederhana, namun tetap estetik.


Art Deco mengambil konsep yang berani, bebas, dan terkesan anti-tradisional kemudian mengubahnya menjadi bentuk geometris dan garis tebal nan tegas.

Penerapannya bisa dilakukan di desain poster, website, aplikasi, hingga desain furnitur.




Nah. Itu kira-kira rekomendasi 5 tren desain yang diperdiksi akan booming tahun ini. Kira-kira kamu mau belajar gaya yang mana?

 

Referensi

https://graphicmama.com/blog/graphic-design-trends-2022/

https://glints.com/id/lowongan/tren-desain-grafis-2022/#.YgCX89VBzDc

https://www.apridesain.id/blog/tren-desain-grafis/

https://blog.sekolahdesain.id/tren-desain-grafis-2022/

64 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua